Pelatihan Mengulik Data Menjadi Cerita

data
sumber gambar :http://www.geeksandbeats.com/2015/10/data-pays-off-for-musicians-fans/

Jangan biarkan data hanya teronggok di folder komputer lembaga, padahal tak terlalu sukar mengembangkan data menjadi cerita atau berita yang berguna.  

Setiap lembaga, termasuk LSM atau NGO, tentu memiliki banyak data terkait kerja-kerjanya, baik dari hasil penelitian, dari pertukaran data, dari lapangan, maupun sumber lainnya. Kebanyakan data itu biasanya hanya disimpan di lemari dokumen lembaga atau folder data komputer lembaga.

Pada banyak kasus yang ditemui SatuDunia, sebagian orang atau lembaga mengaku tak tahu persis apa yang akan dilakukannya dengan data-data tersebut. Sebagian mengatakan bahwa data itu berguna (hanya) ketika diminta oleh pihak luar lembaga. Sebagian lagi mengaku ingin mengolah data tersebut menjadi informasi yang layak untuk dipublikasi. Sebagian lainnya sudah menyadari bahwa data-data ini sebenarnya sangat berpotensi untuk dijadikan bahan tulisan cerita faktual. Tulisan ini lalu dapat menjadi semacam tulisan khas atau feature ringan yang menarik tentang program dengan sudut pandang manusia atau tentang aspek lainnya.

Untuk kebutuhan itulah SatuDunia menggelar pelatihan memanfaatkan data menjadi cerita faktual yang menarik atau “Mengulik Data Menjadi Cerita”. Pelatihan ini akan menunjukkan langkah-langkah dan ‘alat-alat’ sederhana untuk mengembangkan data menjadi cerita yang menarik daripada hanya sekadar parade angka.

 

Waktu dan Tempat

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada:

  • Hari/tanggal : Rabu-Kamis, 25-26 Oktober 2017
  • Jam                             : 10. 00-16.30 WIB
  • Tempat : Ruang Belajar  SatuDunia, Jl. Tebet Utara 2C No 27 Jakarta Selatan

 

Narasumber Workshop “Storytelling with Data”

  1. Purnama Alamsyah (Peneliti LIPI)
  2. Anwari Natari (Program Manager SatuDunia, pengajar materi bahasa jurnalistik di KOMPAS-Gramedia Group, pengajar penulisan kreatif untuk blogger, dosen bahasa Indonesia STHI Jentera)

 

 

Peserta

Pelatihan “Mengulik Data Menjadi Cerita” ini ditujukan bagi aktivis organisasi masyarakat sipil (OMS) dan mahasiswa. Untuk efektifitas workshop, peserta dibatasi maksimal 10 orang.

 

Biaya

Setiap peserta yang mengikuti workshop ini dikenakan biaya Rp750.000 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).

 

Fasilitas

Dalam workshop ini, peserta mendapatkan fasilitas berupa makan siang, camilan, akses internet, dan sertifikat kepesertaan.

 

Konfirmasi

Konfirmasi peserta training ini bisa melalui Telepon : 0899 680 7793

email : misan@satudunia.net.

Atau klik tautan dibawah ini.

https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSe1ANtacPeSTnbZXbpBC8naVHTJ6hvoyOISpecEisG5uZ8BDw/viewform?c=0&w=1

Published by cakdaus

Saya lahir di kota Madiun. Saya paling benci dengan kesombongan orang-orang kaya..

Leave a comment