Workshop Penggunaan Media Sosial untuk Kampanye Organisasi Non-Profit

Workshop Penggunaan Media Sosial untuk Kampanye Organisasi Non-Profit1

Pembangunan sering kali menyisakan kegetiran bagi mereka yang dikorbankan. Petani dipisahkan dari tanah dan airnya. Nelayan dipisahkan dari lautannya. Masyarakat adat dipisahkan dari hutan adat leluhurnya. Disingkirkannya rakyat dari sumber-sumber kehidupannya itu sering kali tidak mendapatkan pemberitaan yang cukup luas di media massa arus utama.

Banyak sebab yang melatarbelakanginya. Salah satunya, karena para pemilik media massa arus utama kebanyakan adalah orang-orang yang memiliki bisnis lain di sektor sumber daya alam. Bisa juga karena para pemiliknya dekat dengan partai politik yang kadernya memberikan izin proyek pembangunan yang menyingkirkan rakyat dari sumber-sumber kehidupannya.

Namun, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memberikan peluang untuk mengabarkan dan mengampanyekan hak asasi manusia, baik hak sipil-politik maupun ekonomi dan social-budaya, yang sering kali dikorbankan dalam model pembangunan itu. Salah satu tools itu adalah media sosial. Perbincangan di medsos sering kali mampu menembus dan menggerakkan pemberitaan di media arus utama.

Persoalannya adalah, sebagian pengguna medsos adalah kelas menengah perkotaan. Sementara, penyingkiran hak atas sumber daya alam sering terjadi di kawasan yang jauh dari perkotaan dan mengorbankan kelas menengah bawah. Untuk itulah perlu pengetahuan dan skill tersendiri untuk memanfaatkan medsos secara efektif untuk mengampanyekan persoalan hak-hak rakyat yang terlindas oleh derap pembangunan.

Terkait dengan itu Yayasan SatuDunia menggelar pelatihan Penggunaan Media Sosial untuk Kampanye organisasi non profit.

Waktu dan Tempat Kegiatan

Kegiatanini akan dilaksanakan pada:

• Hari/tanggal : Selasa – Rabu, 22-23 Agustus 2017

• Jam :  10.00-15.30 WIB

• Tempat : Ruang Belajar  SatuDunia, Jl. Tebet Utara 2C No 27 Jakarta Selatan

Narasumber Workshop Sosial Media untuk Kampanye Organisasi Non Profit ini adalah:

  1. Luluk Uliyah (Campaigner social media)
  2. Firdaus Cahyadi (Penulis opini di media massa, blogger)
  3. Anwari Natari (Program Manager Yayasan SatuDunia dan juga pengajar menulis di KOMPAS-Gramedia Group)

Metode Belajar Metode yang digunakan dalam training ini adalah 50% teori dan 50% praktik.

 

Materi

  1. Analisis dan Politik Media terkait dengan isu kerakyatan
  2. Karakteristik  Pengguna Media Sosial di Indonesia
  3. Menulis Deskripsi 140 karakter
  4. Praktik Menulis Deskripsi 140 karakter
  5. Merencanakan Kampanye di Media Sosial
  6. Mnitoring dan Evaluasi Kampanye di medsos

 

Peserta

Pelatihan Penggunaan Sosial Media untuk organsiasi non profit ini ditujukan bagi aktivis organisasi masyarakat sipil (OMS) dan mahasiswa.

Untuk efektifitas workshop peserta dibatasi maksimal 10 orang.

 

Biaya

Setiap peserta yang mengikuti workshop ini dikenakan biaya Rp.750.000 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) sebagai biaya pengganti makan siang, materi dan sertifikat.

 

Fasilitas

Dalam workshop ini peserta mendapatkan fasilitas berupa : makan siang, akses internet dan sertifikat.

 

Konfirmasi

Konfirmasi bisa menghubungi Sdr. Misan di 021-83705520 atau Ponsel/WA: 0899 680 7793 email : misan@satudunia.net.

Atau Klik tautan dibawah ini;

https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSdfIfjjcj4z2EsuWiORiFE9kUdZ9RMOVdivVh9NPnQg45jjsg/viewform?c=0&w=1&includes_info_params=true

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: